Daftar Blog Saya

Rabu, 22 Maret 2017

KELEMAHAN YANG PALING SERING TERJADI DALAM BAHASA INGGRIS

Kelemahan adalah suatu hal yang selalu dimiliki oleh manusia. Sejak manusia berada dalam kandungan ibunya, manusia telah memiliki kelemahan.
Sangat memalukan jika seseorang mengetahui kelemahan apa lagi itu diterjadi di hal-hal yang umum.
Namun, tidak salah jika seseorang menutupi kelemahan atau memperbaharui kelemahan yang ada pada dirinya demi dirinya sendiri.
Dalam bahasa inggris ada banyak kelemahan yang sering ditemukan. Mulai dari kelemahan terkecil sampai kelemahan terbesar. Orang yang terlihat pintar berbahasa inggris pasti punya kelemahan. Begitu juga orang yang terlihat sempurna dalam menguasai ilmu teori dan praktek dalam berbahasa inggris pasti juga mempunyai kelemahan.  Termasuk orang turis yang terlahir oleh bahasa inggris pasti juga mempunyai kelemahan dalam bahasa inggris. Kenapa itu bisa terjadi?  Impossible! Nyata, itu terjadi karena sudah kodrat manusia  mempunyai kelemahan karena NOBODY INFALLIBLE  HUMAN (tak seorang pun manusia yang sempurna).
Sebelum itu terjadi pada diri sendiri ada baiknya mengetahui supaya bisa mempersiapkan diri kedepannya.
Ada beberapa kelemahan yang sering terjadi dalam bahasa inggris antara lain:
 
1.      Lack of skill (kurang menguasai skill) antara lain:
 a.       Vocabulary (kosakata)
Ini adalah kelemahan yang sangat sering terjadi dalam bahasa inggris. Terlebih lebih orang indonesia yang bahasa ibunya adalah  bahasa indonesia  sangat lemah dalam menguasai vocabulary. Orang indonesia yang sudah lama kursus bahasa inggris pasti banyak vocabulary yang masih belum diketahui.  Maupun yang bisa berkomunikasi bahasa inggris pasti ada vocabulary yang belum diketahui. Jadi ini adalah masalah utama orang indonesia dalam kelemahan berbahasa inggris.
Cara mengatasinya adalah banyak menguasai vocabulary atau kosakata, sering berbahasa inggris atau berkomunikasi menggunakan bahasa inggris, serta familiar dalam bahasa inggris. 
b.      Reading (membaca) 
 
Banyak dikalangan pelajar yang mengaku kurang bisa membaca dalam bahasa inggris. Itu dikarenakan basic knowledge atau pengetahuan dasar dalam bahasa inggris belum mumpuni.
Jadi ada pun cara menguasai reading yaitu anda harus menguasai cara membaca abjad. Simple kan? Jadi, refleksikan abjad tersebut kedalam kosakata. Itu adalah salah satu caranya. Atau kalau mau yang lebih, download saja aplikasi bahasa inggris yang menggunakan pelafalan (pronounciation) dan setelah itu hafalkanlah dan praktekan. 
c.       Writing (menulis)
 
Sama hal nya dalam menguasai reading. Dalam menguasai writing kita harus tau basic knowledge seperti kosakata dan reading.
Ketika guru anda menyuruh anda untuk menulis kalimat melalui sebuah dikte, sementara anda belum pernah mengenal kata tersebut sebelumnya. Tentu anda akan merasa kesulitan dalam menulisnya. Jadi sebaiknya perbanyak kosakata dna kuasai reading, supaya anda bisa menguasai writing
d.      Speaking (berbicara)
Ada beberapa kalangan pelajar yang pernah penulis temui merasa kesulitan dalam hal speaking (berbicara).
Dalam menguasai speaking anda harus lebih sering mereflesikan atau mempraktekannya sendiri. Supaya anda akan terlatih dan lama-lama akan menjadi terbiasa.
Tapi penulis menyarankan lebih baik lagi jika mempunyai pasangan dalam mempraktekannya.
 
2.      Lack of feeling (kurang mendengarkan)
Orang yang bisa berbicara bahasa inggris belum tentu feeling bahasa inggrisnya bagus. Apalagi jika mencoba menerjemahkan sebuah tayangan film yang penuh bahasa inggris atau mencoba menerjemahkan pembicaraan bule dengan kalimat yang sangat panjang dan ditambah pengucapan yang sangat cepat. Sulit menerjemahkannya dengan sempurna. Jadi sebelum terjadi, perbanyak belajar dan harus tau cara mengatasinya.
Cara mengatasinya yaitu banyak menguasai vocabulary atau kosakata, sering berkomunikasi menggunakan bahasa inggris, serta mencoba menerjemahkan beberapa lagu atau film yang menggunakan bahasa inggris.
 
3.      Mempersulit diri sendiri
 
Mempersulit diri sendiri yaitu mengganggap bahasa inggris adalah sesuatu yang sangat sulit untuk bisa diketahui . Belum mencoba tetapi sudah mengalah. Sangat lucu. Ini sering terjadi dikalangan pelajar di sekolah.
 
 
Cara mengatasinya yaitu anggap bahasa inggris sama hal nya mempelajari bahasa daerah baru. Contohnya anda dari pulau jawa mencoba jalan-jalan disuatu pulau kecil contohnya pulau Nias.  Jadi, untuk mecoba berkomunikasi dengan orang di pulau Nias anda harus tau bahasa Nias dengan cara belajar belajar dan belajar, mencoba mencoba dan mencoba. Jika kurang tau maka bertanyalah. Sangat simpel.
 
Sebenarnya, masih banyak sekali kelemahan dalam bahasa inggris. Tapi penulis tidak bisa menguraikannya satu persatu. Poin pentingnya adalah coba dan pelajari. Jadi, secara tak langsung, semua kelemahan-kelemahan anda dalam bahasa inggris akan terkikis jika anda mencoba dan mempelajarinya.
No river without flood
(tidak ada sungai tanpa banjir)
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar