Daftar Blog Saya

Kamis, 23 Maret 2017

KESALAHAN YANG PALING SERING TERJADI DALAM BER MUSIK


 Facebook:restu zega


Orang yang mahir bermain musik pasti sudah pernah mengalami beberapa kesalahan dalam bermusik. Hal – hal seperti itu terjadi bagi seorang pencinta musik.  Disini penulis mencoba menulis beberapa kesalahan yang terjadi dalam bermusik supaya kedepannya bisa mempersiapkan diri  untuk menghadapi hal-hal tersebut.

1.      Kesalahan dalam belajar
Ini adalah poin yang paling penting dalam bermusik.  Belajar musik bukan asal belajar saja karena itu akan mencoba memperlambat  proses perkembangan musik anda. Contohnya anda mencoba mempelajari  accord D dengan penjarian yang salah.  Ketika anda sudah terbiasa dengan kesalahan penjarian tersebut efeknya kedepan adalah anda akan mengulanginya lagi dari awal. Jadi itu bisa memboroskan perkembangan talenta anda.

2.      Terlalu sering meng cover atau meniru gaya musik orang lain

Mengcover memang berguna untuk membuka wawasan bermusik namun jangan terlalu bergantung pada hal itu. Sebaiknya anda lebih kreatif dalam membuat ciri khas sendiri, karena itu lebih baik.
 
3.      Demam panggung

Demam panggung bukan dalam arti saat manggung, pemusik sedang mengalami demam hahaha. Demam panggung terjadi karena tidak terbiasa,ataupun karena mental seseorang.Jadi cara mengatasi demam panggung yaitu mengganggap semua  hal yang sedang terjadi itu biasa saja.  

4.      Membenci musik tertentu

Masih terdapat beberapa orang yang anti pada musik tertentu. Musik mencakup banyak hal. Musik bukan hanya alat musik, bukan hanya vokal, bukan hanya teori, atau praktek. Ataupun mencintai genre tertentu namun, membenci genre yang lain. Musik adalah semua hal yang berhubungan dengan warna nada jadi anda tidak perlu membenci sesuatu genre  tertentu. Itu akan mempersempit wawasan anda.

5.      Mundur diri

Ketika anda dipilih menjadi seorang penyanyi, atau konduktor ataupun pemain musik. Dan ketika tiba waktunya anda tampil, orang-orang yang telah mempercayakan anda tiba-tiba merasa kecewa dengan kepercayaan yang telah mereka berikan pada anda. Namun itu bukan berarti anda mundur diri karena merasa kurang mampu, atau tidak bertalenta. Ada baiknya pelajari semua kesalahan anda untuk perbaharuan kesalahan tersebut.

6.      Mengabaikan teori musik

Jangan pernah mengabaikan teori musik. Banyak pencinta musik tidak peduli akan teori musik. Hal ini akan berakibat pada perkembangan pengetahuan musik anda. Dengan mempelajari teori musik maka lebih mudah untuk anda untuk mempraktekkannya.

7.      Ingin yang instan

Ini maksudnya bukan mie instan yang siap saji hahaha.

Ada banyak orang yang ingin perkembangan musiknya berkembang cepat dan segera meninggalkan materi lama lalu menuju materi baru.  Namun dibalik itu belum clear semua apa yang telah  dia pelajari tersebut tetapi sudah sign ke materi baru.

Ini merupakan kelemahan dalam belajar. Disarankan, pelajari satu persatu  sampai tuntas apa yang hendak anda pelajari. Setelah itu baru bisa mempelajari materi baru.
 

8.      Menyombongkan diri.


Penulis pernah menemui beberapa pemusik yang merasa diri sudah mumpuni, sudah master dan  menyombongkan dirinya. Itu juga termasuk kelemahan dalam bermusik. Kenapa? Ketika merasa diri sudah mumpuni, dan akhirnya menyombongkan diri, ketika itu juga pasti ada saja orang yang lebih dari kita. Karena diatas langit itu masih ada langit. So, jangan pernah menyombongkan diri.
 
Sebetulnya, masih banyak kelemahan- kelemahan yang lain, namun penulis menulis beberapa kelemahan yang paling sering terjadi saja.




Belajar dari kegagalan itu sudah biasa karena
Kegagalan adalah awal dari pembaharuan menuju Keberhasilan

 
 
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar